Pengembangan Kerajinan Purun Tikus Di Batola

By Adam Subayu 05 Feb 2022, 17:17:49 WIB Ekonomi
Pengembangan Kerajinan Purun Tikus Di Batola

Keterangan Gambar : Ketua ADKI Kalsel saat melakukan kunjungan Ke Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Batola Foto By Darmawan Jaya Setiawan


Sesuai arahan Bupati Batola Hj. Noormiliyani AS, Ketua ADKI Kalimantan Selatan Darmawan Jaya Setiawan  ditemani Kepala Bank Kalsel Cabang Marabahan Akhmad Fauzi Noor, mengunjungi Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Batola.

Kedatangan ketua ADKI Kalsel dan Kacab Bank Kalsel Marabahan  disambut secara langsung oleh Plt. Kepala Dinas  M. Wahyu Adibawono yang merupakan sahabat lama Ketua ADKI Kalsel. Setelah saling menanyakan kabar karena cukup lama tidak bertemu, selanjutnya Beliau memberikan penjelasan secara komprehensif tentang upaya pengembangan Kerajinan Purun Tikus di Batola yang mendapat dukungan penuh dari Bupati.

Tanaman Purun sendiri merupakan tanaman liar yang mempunyai nilai ekonomis, keberadaan Purun Tikus dan Pengrajinnya hanya ada di Kabupaten Batola, khususnya di Kecamatan Belawang. Dimana karakter dan teknik penganyamannya berbeda dengan jenis tanaman purun lainnya (Purun Danau).

Baca Lainnya :

Proses pembuatan kerajinan ini sendiri sampai dengan selesai adalah Full Handmade tanpa menggunakan mesin termasuk dalam proses pemipihan purun yang dilakukan secara manual yaitu diserut dengan menggunakan tangan.

Total ada 10 Motif Anyaman Purun Tikus dan Bupati Batola menitipkan hasil kerajinan berupa Tas dengan motif Biji Cengkeh dan Original, juga Sajadah Motif Bakotak dan Ramak Sahang untuk selanjutnya diteruskan kepada Sandiaga Salahuddin Uno (Menparekraf RI) agar mendapat perhatian dan support dari Beliau.

Dengan demikian UMKM yang ada di daerah Kalsel tentunya akan semakin cepat berkembang dan maju.

(Adm) 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment