Jalani Pelatihan, Potensi SAR di Tala Diharapkan Dapat Meningkatkan Jasa Layanan SAR

By Ratno Timur 17 Mar 2022, 13:57:43 WIB Edukasi
Jalani Pelatihan, Potensi SAR di Tala Diharapkan Dapat Meningkatkan Jasa Layanan SAR

Keterangan Gambar : Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin secara resmi membuka pelatihan Teknik Pertolongan di permukaan air atau Water Rescue dan teknik pertolongan di ketinggian bagi potensi SAR terhadap peserta potensi Search and Rescue (SAR) di Balairung Tuntung Pandang, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan (Foto : Humas Basarnas BJM )


Amacomedia.com.TanahLaut- Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin secara resmi membuka pelatihan Teknik Pertolongan di permukaan air atau Water Rescue dan teknik pertolongan di ketinggian bagi potensi SAR terhadap peserta potensi Search and Rescue (SAR) di Balairung Tuntung Pandang, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. Kamis (17/03/2022)


Peserta yang terdiri dari personel TNI, POLRI, Instansi Pemerintah Daerah dan Organisasi di wilayah Kalimantan Selatan.

Baca Lainnya :


Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Al Amrad, S.Sos menjelaskan pelatihan ini di ikuti kurang lebih 100 peserta yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi potensi SAR demi terwujudnya pelayanan jasa SAR dengan kualitas respon waktu yang optimal, sinergi dan solidaritas antara Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin dengan potensi SAR Wilayah Kalimantan Selatan.


“Dalam kegiatan ini, seluruh peserta diharapkan mampu mangaplikasikan materi teori dan keterampilan yang didapat selama pelatihan untuk keperluan teknis operasional di lapangan pada saat dibutuhkan penanganan kecelakaan dan bencana yang terjadi, sehingga pelayanan SAR yang kita berikan kepada masyarakat dapat dilaksanakan secara tepat dan tepat .” jelasnya.


Sementara itu Bupati Tanah Laut H. Sukamta menyambut baik pelatihan ini selain dari potensi kecelakaan dan musibah di ketinggian atau pegunungan, Kabupaten Tanah Laut juga merupakan daerah yang memiliki potensi bencana setiap tahun, seperti karhutla, banjir tanah longsor dan puting beliung.


"Kabupaten Tanah Laut memiliki potensi bencana alam setiap tahunnya, seperti karhutla, banjir tanah longsor, dan putting beliung oleh karena itu saya sangat menyambut baik kegiatan ini" Ungkapnya.


Perlu diketahui kegiatan pelatihan Potensi SAR tahun ini digelar Kegiatan ini berlangsung selama 7 (Tujuh) hari mulai dari tanggal 16 Maret hingga 22 Maret 2022 dan dilaksanakan di tiga tempat pertama yaitu di Balai Diklat Hutan Kota Pelaihari untuk tempat istirahat sekaligus mempersembahkan pembelajaran materi SAR , dan yang kedua ada di Waduk Benua Tiga Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut untuk praktek teknik pertolongan di permukaan udara serta yang ketiga adalah di Bukit Sanghiyang Takisung Kabupaten Tanah Laut untuk praktek teknik pertolongan di ketinggian. (HMS-SAR/BJM/rtm) 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment