BPBD Kalsel Jalin Kerja Sama dengan BMKG Balikpapan Dalam Mitigasi Gempa

By Adam Subayu 08 Mar 2024, 00:48:12 WIB Peristiwa
BPBD Kalsel Jalin Kerja Sama dengan BMKG Balikpapan Dalam Mitigasi Gempa

Keterangan Gambar : Bambang Dedi Mulyadi Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan saat di BMKG Balikpapan Kaltim


amacomedia.com, Balikpapan -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan menjalin kerja sama di bidang mitigasi gempa  dengan Stasiun Geofisika BMKG Balikpapan.

Stasiun Geofisika BMKG Balikpapan adalah institusi resmi yang memiliki peran utama menghimpun data, dan menganalisa secara khusus terkait kegempaan (tektonik)

Pentingnya kolaborasi atau kerja sama berupa penguatan kegiatan mitigasi gempa tersebut merupakan arahan  Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin.

Baca Lainnya :

"Pak Gubernur memberikan perhatian khusus atas peristiwa gempa tektonik  yang terjadi pertengahan Februari 2024. 

Beliau memberikan arahan agar BPBD segera melakukan upaya penguatan mitigasi gempa,"  terang Kepala BPBD  Kalsel, R Suria Fadliansyah, melalui  Bambang Dedi Mulyadi Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan di Balikpapan Kaltim, Kamis (7/3/2024).

Bentuk kerja sama tersebut, lanjut Bambang, salah satunya  adalah penguatan koordinasi stekholder  terkait langkah mitigasi  dengan BMKG.

Bambang mengatakan, pada pertemuan dengan Kepala Stasiun Geofisika Kelas III BMKG Balikpapan Rasmid MSi dan jajaran,  tercetus konsep konsep atau rencana kerja sama  yang bisa disinergikan dengan BPBD Provinsi Kalsel dan  Kabupaten/Kota.

Program tersebut meliputi program jangka pendek antara lain penguatan edukasi pengenalan bencana gempa dan mitigasi gempa di kalangan anak usia sekolah dan masyarakat.

Bentuk kerja sama lain adalah pelatihan terkait mitigasi gempa dengan SDM pelatih langsung dari BMKG Balkpapan.

Kasubid Pencegahan Suriansyah dan Kasubid Kesiapsiagaan Ariansyah, menambahkan,  berdasarkan pemaparan dari Kepala Stasiun Geofisika Kelas III BMKG Balikpapan Rasmid MSi ,  bahwa gempabumi yg terjadi di  Kalsel merupakan gempa tektonik kategori rendah dan tidak berpotensi tsunami.

BMKG Balikpapan telah menyiapkan 4 seismik shelter di Kalsel yaitu di Kabupaten  Kotabaru, Tabalong, Banjar dan  Banjarbaru.

"Mitigasi jangka pendek yg perlu dilaksanakan yaitu upaya sosialisasi dan edukasi terkait gempa melalui sekolah dan informasi ke masyarakat, penyiapan sarana dan prasarana evakuasi,  penyiapan sistem peringatan dini melalui penyiapan alat informasi gempa dan sirine serta simulasi pada daerah pesisir.

Untuk jangka panjang perlu dilakukan kajian zonasi gempabumi yang akan disinkronisasi terhadap tata ruang wilayah provinsi kalimantan selatan.

BMKG Balikpapan dan BPBD Kalsel bisa  berkolaborasi untuk kegiatan tersebut, dimulai pada tahun ini untuk penyebarluasan informasi kepada masyarakat. (Adm)










From Note: https://goo.gl/ScG4Hc




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment