Bapandiran Data Banua

By Adam Subayu 19 Okt 2022, 09:44:39 WIB Ekonomi
Bapandiran Data Banua

Keterangan Gambar : Kepala Badan Pusat Statistik Kalsel Yos Rusdiansyah saat Bapandiran Data Banua (Foto : Istimewa)


amacomedia.com, Banjarbaru - Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022 merupakan pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial ekonomi dan tingkat kesejahteraan. Dimana data kondisi ekonomi pemanfaatannya meliputi program kesehatan, program investasi, program kewirausahaan, program pasar kerja. Data kondisi ekonomi seluruh penduduk akan membantu pelaksanaan program pemerintah sehingga berjalan efektif.


Adapun ruang lingkup pendataan yakni seluruh penduduk pada 514 Kabupaten/Kota dengan cara pendekatan keluarga, pelaksanaan koordinasi dan persiapan pada bulan juli - agustus 2022,  pelatihan instruktur dan petugas Regsosek di bulan September - Oktober 2022, pendataan lapangan bulan 15 Oktober - 14 Nopember 2022 dan malam regsosek pada 29 Oktober 2022. 

Baca Lainnya :

Dalam pelaksanaan regsosek tahun 2022 pelaksananya adalah gugus tugas pendataan yang berkoordinasi dengan penyelenggara Satu Data Indonesia (SDI)  yang terdiri dari Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Keuangan, Badan Pusat Statistik, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi serta Kominfo. 


Regsosek mengumpulkan informasi kondisi sosioekonomi demografis, kondisi perumahan dan sanitasi air bersih, kepemilikan aset, kondisi kerentanan kelompok penduduk khusus, informasi geospasial, tingkat kesejahteraan dan informasi sosial ekonomi lainnya. Untuk output pendataan regsosek 2022 yakni Basis Data seluruh Penduduk Indonesia.

Secara keseluruhan proses pelaksanaan Regsosek tahun 2022 meliputi, Pendataan awal : pendataan keluarga dilakukan di 514 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, Sosialisasi dan edukasi regsosek multisektor.

Pengelolaan Data :

Integrasi dan interoperabilitas, pengolahan dan pemeringkatan hasil pendataan, pemanfaatan data regsosek.

Sistem regsosek :

Bagian dari Satu Data Indonesia (SDI), Pemutakhiran secara mandiri minimal 1 tahun sekali melalui monografi Digital Desa/Kelurahan, Penguatan kelembagaan Gugus Tugas Regsosek Nasional dan Daerah, mekanisme kontrol kualitas monitoring dan evaluasi.

Sedangkan untuk Lapor Catat (LaTat) Regsosek masyarakat Kalimantan Selatan yang belum tercatat sampai tanggal 11 November 2022 dapat menghubungi layanan Lapor Catat regsosek 2022 melalui chat whatsapp 085750022600

Saat dikonfirmasi saat acara Bapandiran Data Banua yang bertempat di Kantor BPS Kalsel (Rabu, 19/10) Kepala Badan Pusat Statistik Kalimantan Selatan, Yos Rusdiyansyah menjelaskan bahwa petugas regsosek tahun 2022 sebanyak 400 ribu petugas regsosek seluruh Indonesia, Petugas regsosek kalsel sebanyak 7195 orang, dengan petugas yang ada yaitu PPL, PML, Koseka dimana satu petugas mendata sehari sebanyak  12 keluarga, jadi total 250 keluarga dalam satu bulan. Semoga pelaksanaan regsosek tahun 2022 sukses mencatat untuk membangun negeri. (Adm).





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment